Jakarta – Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Aidir Amin Daud, beserta jajarannya menerima kunjungan Menteri Kehakiman Jepang, Yoko Kamikawa ke Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham), Jumat (8/9). Kunjungan tersebut salah satunya membahas tentang kerja sama di bidang kekayaan intelektual (KI) yang sebelumnya sudah terjalin sejak ditandatangani pada 3 Agustus 2015 silam.

Dalam kerja sama ini, pemerintah Jepang akan memberikan bantuan untuk peningkatan pemeriksaan KI dan penegakan hukum KI di Indonesia. Rencana bantuan tersebut diantaranya membangun mekanisme pelatihan dan pendidikan bagi pemeriksa KI guna meningkatkan kualitas pemeriksaan permohonan KI.

Bantuan selanjutnya adalah membantu meningkatkan pelayanan aduan di Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Ditjen KI, serta membentuk Working Group yang melibatkan pemegang KI dan asosiasi terkait hak kekayaan intelektual (HKI).

Yoko Kamikawa berharap “semoga manfaat proyek kerja sama ini dapat digunakan dan disebarkan, baik di dalam maupun di luar negeri”.

Kerja sama yang sudah dilakukan dengan pemerintahan Jepang tersebut, salah satunya adalah di bidang paten, dengan memberikan seminar dan pelatihan tentang Patent Prosecution Highway (PPH) bagi pemeriksa paten dan konsultan KI. Dimana program PPH tersebut untuk berbagi hasil penelusuran dan pemeriksaan paten dengan kantor paten lainnya agar pemeriksaan paten lebih cepat dan efisien.

“Jepang telah mengirimkan tenaga ahli ke Indonesia, kami senang dapat membantu Indonesia dalam proyek ini,” tutur Yoko dalam kunjungannya.

Plt. Dirjen KI yang mewakili Menteri Hukum dan HAM mengatakan bahwa pihak Kemenkumham RI telah menerima banyak manfaat dari kerja sama ini.

“Mudah-mudahan kerja sama ini dapat berlanjut di masa yang akan datang,” ujar Aidir saat mengakhiri pertemuan tersebut di Ruang Soepomo, Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI, Dede Mia Yusanti; Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Fathlurachman; Direktur Paten, DTLST, dan Rahasia Dagang, Timbul Sinaga; Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa KI, Salmon Pardede; dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Erny Widhyastari. (Humas DJKI, September 2017)

 


021-29027417

humas.hki@gmail.com

Alamat

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Kuningan - Jakarta Selatan
Kuningan- Jakarta Selatan, Indonesia
12940
12940

Jam Kerja

Senin - Jum'at
Senin - Jumat
07:30 - 16:00 WIB
07:30 - 16:00 WIB
Loket
Loket Layanan Kekayaan Intelektual