Dalam menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyelenggarakan lomba desain batik dengan tema "Merdeka Jiwa Raga, Berkarya untuk Indonesia".

Lomba yang dimulai dari 1 (satu) sampai 9 (Sembilan) Agustus 2017 ini, panitia telah menerima 244 desain batik dari seluruh peserta yang mengikuti lomba. Banyaknya desain batik yang diterima, menggambarkan antusiasme masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72.

Desain batik tersebut, kemudian dikerucutkan kembali untuk dipilih 10 (sepuluh) besar terbaik. Pada 14 Agustus 2017 kemarin, juri yang terdiri dari Koestrihastuti (Pemerhati Batik), Mis Ari (Museum Tekstil), Razilu (Direktur Teknologi Informasi Kekayaan Intelektual, DJKI), Agus Nugroho Yusuf (Sekretaris Ditjen AHU), dan Erni Widhyastari (Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, DJKI) telah menetapkan 6 (enam) pemenang lomba desain batik Kementerian Hukum dan HAM tahun 2017.

Kriteria penjurian ini berdasarkan pada penilaian dari aplikasi sebagai batik, motif, warna, dan  keharmonisan antara tema, sumber ide dan motif, serta kreatifitas dan orisinalitas.

Dari hasil penilaian tersebut ditetapkan 6 (enam) pemenang sebagai berikut:

Pemenang

 Nomor Peserta

Nama Pemenang

Judul

Juara I

214

Putri Azhar Syiffa Kurniawan

Tangan Merdeka.

Juara II

224

Aqilla Kurnia Basmalah

Menuju Indonesia yang Merdeka Secara Bebas Jiwa dan Raga Bagi Generasi Muda Bangsa Indonesia.

Juara III

24

Diki Satria Nugraha

Berjuang, Berkarya, Berdoa.

Juara Harapan I

48

Joko Sunarto

Pesona Nusantara.

Juara Harapan II

5

Ady Surya Nugraha

Semarak Kemerdekaan.

Juara Harapan III

161

Akbar Windanata

Semarak Kemerdekaan. 

Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Aidir Amin Daud melantik Pejabat Administrator sekaligus menjadi saksi dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada Senin (14/08/2017) di Ruang Aula DJKI.

Dalam Sertijab ini, Drs. Yasmon, M.L.S., yang sebelumnya menjabat Direktur Teknologi Informasi Kekayaan Intelektual (TI KI) menyerahkan tanggung jawabnya kepada Ir. Razilu, M.Si., sebagai Direktur TI KI yang baru, serta Ir. Razilu, M.Si., melimpahkan tugasnya sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sesditjen KI) kepada Danan Purnomo, S.H., M.Si.

Sertijab tersebut dilakukan setelah Menteri Hukum dan HAM RI (Menkumham) Yasonna H Laoly melantik 79 Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada bulan Juli 2017 yang lalu.

Selain Serah terima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Plt. Dirjen KI Aidir Amin Daud juga melantik Pejabat Administrator, yaitu Dr. Syarifuddin, S.T., M.H. yang sebelumnya menjabat Kepala Subdirektorat Pencegahan dan Penyelesaian Sengketa pada Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa DJKI menduduki posisi baru menjadi Kepala Subdirektorat Pendukung Infrastruktur, Direktorat Teknologi Informasi KI, dimana posisi yang ditinggalnya di gantikan oleh Dr. Ronald S. Lumbuun, S.H., M.H. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: SEK-29.KP.03.03 Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Administrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Aidir Amin Daud dalam amanatnya menyampaikan bahwa dalam pelantikan seperti ini, kita harus menerimanya sebagai rejeki yang harus kita syukuri. “Marilah kita terima apa yang kita hadapi saat ini dengan penuh rasa syukur, bahwa kita semua akan mendapatkan rejeki dalam bentuk apapun yang lebih baik”, ujar Aidir.

Serah Terima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pelantikan Pejabat Administrator tersebut dihadiri oleh para Pejabat Eselon II, III dan IV serta Pejabat Fungsional di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. (Humas DJKI, Agustus 2017)

 

   

021-29027417

humas.hki@gmail.com

Alamat

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Kuningan - Jakarta Selatan
Kuningan- Jakarta Selatan, Indonesia
12940
12940

Jam Kerja

Senin - Jum'at
Senin - Jumat
07:30 - 16:00 WIB
07:30 - 16:00 WIB
Loket
Loket Layanan Kekayaan Intelektual