Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly melepas secara simbolis bus mudik yang disediakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai moda transportasi gratis untuk para pegawai Kemenkumham yang akan pulang berleberan ke kampung halamannya.

Sebelumnya, Menkumham Yasonna H Laoly memimpin apel sore di lingkungan Kemenkumham pada Kamis (22/6/2017). Dalam sambutannya, Yasonna menyatakan apel sore ini dalam rangka melepas mudik bersama jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham).

“Sungguh suatu kebahagiaan bagi saya, berada di tengah-tengah saudara yang sedang bersiap-siap untuk pulang ke kampung halaman, bersua dengan keluarga tercinta”, tambahnya saat sambutan apel sore.

Mudik adalah suatu tradisi yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat di Indonesia. Saat tiba waktu yang telah dekat dengan akhir Ramadhan 1438 H, maka terasa aura kebahagian yang sama-sama dapat kita rasakan pada saudara-saudara kaum muslim yang telah menjalankan ibadah puasa hampir sebulan penuh.

Yasonna mengingatkan bahwa, “mudik bersama ini wajib kita syukuri sebagai salah satu berkat dari Tuhan kepada jajaran Kementerian Hukum dan HAM.”

Menkumham Yasonna pun berharap kegiatan ini menjadi rutin tiap tahunnya. “Mudik bersama ini bukan sekedar pemberian fasilitas semata, tetapi ada makna yang mendalam, yaitu adanya semangat gotong royong diantara jajaran kementerian Hukum dan HAM, yang menjadi bukti adanya gerakan revolusi mental dikalangan di lingkungan Kemenkumham”, ujarnya sebelum menutup apel sore ini. (Humas, Juni 2017)

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menerima delegasi American Chamber (Amcham) Indonesia, Walt Disney, Time Warner, dan 21th Century Fox di Ruang Rapat DJKI Lantai 8, Selasa (20/6/2017). Pertemuan ini membahas mengenai  iklim investasi di Indonesia  khususnya yang berkaitan dengan peraturan dan perlindungan di bidang  hak cipta.  

Pertemuan ini dihadiri oleh para pejabat tinggi pratama DJKI, diantaranya Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI, Dede Mia Yusanti; Direktur Hak Cipta dan Desain Industri,  Erni Widhyastari;  Direktur Teknologi Informasi KI, Yasmon; Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Salmon Pardede; Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Fathlurachman; dan Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, Timbul Sinaga. Hadir pula Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama, Kementerian Hukum dan HAM Effendy Peranginangin.

Turut hadir pada pertemuan ini delagasi Amcham Indonesia, Lin Neumann (Managing Director Amcham Indonesia); Arian Ardie (Advisor Amcham Indonesia);  Matthew Kurlanzik  (SVP Corporate Affairs and Communications Twentieth Century Fox); Jenny Wong (Executive Director, Asian Pacific Public Policy, Time Warner);  Rob Gilby (Managing Director, The Walt Disney Company, SEA).

Dede Mia Yusansi menyatakan bahwa melalui Undang-Undang Hak Cipta No.28 Tahun 2014, Pemerintah Indonesia telah menunjukkan ketulusannya, untuk tidak hanya menghargai dan mengakui adanya penulis dan pencipta, namun juga melindungi hak-hak ekonomi mereka sambil menjaga keseimbangan antara kepentingan pencipta dan masyarakat sebagai Pengguna. Oleh karena itu  Pelaku usaha asing tidak perlu ragu untuk berinvestasi di Indonesia, karena sebagai negara anggota WIPO dan WTO akan menegakkan perlindungan Kekayaan Intelektual sesuai dengan prinsip internasional yang berlaku.

Sedangkan Salmon Pardede, menyatakan bahwa melalui Peraturan Bersama  Menteri Hukum dan HAM Dan  Menteri Komunikasi Dan Informatika No. 14 tahun 2015 dan no. 26 tahun 2015 Tentang Pelaksanaan Penutupan Konten Dan/Atau Hak Akses Pengguna Pelanggaran Hak Cipta Dan/Atau Hak Terkait Dalam Sistem Elektronik. Sejak diberlakukannya Peraturan tersebut  hingga saat ini telah menutup situs sebanyak 324 yang memuat lagu maupun  film bajakan. Persoalan pembajakan, kini menjadi delik aduan. Artinya, mereka yang memiliki kepentingan dan hak atas karya yang dibajak, wajib untuk melaporkan agar pemerintah bisa melakukan tindakan.

Sementara Yasmon, menyatakan bahwa mempermudah para pencipta, kreator, dan inventor dalam memberikan pelayanan pendaftaran kekayaan intelektual, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual telah menyediakan layanan pendaftaran Hak Ciptaserta perpanjangan merek secara on-line, serta kemudahan fasilitas mengecek status pendaftaran KI, serta layanan data base global brand ASEAN. Ke depan pelayanan secara on-line akan terus dikembangkan. (Humas, Juni 2017)

 



021-29027417

humas.hki@gmail.com

Alamat

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Kuningan - Jakarta Selatan
Kuningan- Jakarta Selatan, Indonesia
12940
12940

Jam Kerja

Senin - Jum'at
Senin - Jumat
07:30 - 16:00 WIB
07:30 - 16:00 WIB
Loket
Loket Layanan Kekayaan Intelektual