Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kemampuan jajaran kantor wilayah(Kanwil) dengan memanfaatkan dan menggunakan berbagai layanan Kekayaan Intelektual (KI) berbasis teknologi informasi, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menyelenggarakan workshop Layanan Teknologi Informasi Kekayaan Intelektual bagi para Operator Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Kamis (23/02/2017) di Aula DJKI Lantai 8, Jakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 66 peserta yang terdiri dari 33 orang Kepala Sub Bagian (Kasubbid) layanan Adminstrasi Hukum Umum (AHU) dan KI, dan 33 orang Jabatan Fungsional Umum (JFU) pemroses  permohonan KI.

Acara dibuka secara resmi oleh Plh. Plt. Direktur Jenderal KI (Dirjen KI) Salmon Pardede. Dalam sambutannya Salmon Pardede mengatakan bahwa “diperlukannya kegiatan sosialisasi bimbingan teknis ini untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan bagi operator kantor wilayah kemenkumham dalam memberi pelayan hukum”.

Pada rangkaian kegiatan yang diikuti para peserta ini diawali dengan pembekalan materi oleh Sekretaris DJKI Razilu mengenai “Kebijakan Penerimaan Permohonan KI, Pengelolaan Anggaran dan Instruktur KI oleh Kantor Wilayah”, kemudian dilanjutkan pembekalan materi mengenai “Kebijakan Pengembangan Sistem Informasi KI” oleh Direktur Teknologi Informasi KI Yasmon, dan penjelasan mengenai Indikasi Geografis oleh Kepala Sub Direktorat Merek dan Indikasi Geografis Stephanie VY Kano. Materi bimbingan teknis yang dipelajari kepada para peserta meliputi pendaftaran dan perpanjangan online Merek, Paten, Desain Industri, dan Hak Cipta.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, “kami sangat mengharapkan perhatian dan keseriusan para peserta dalam mengikuti kegiatan ini., sehingga nantinya jajaran Kantor Wilayah khususnya divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai ujung tombak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di daera, dapat memberikan pelayanan publik dibidang KI secara optimal”, ujar Salmon Pardede. (Humas, Februari 2017)

        

        

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM RI bekerja sama dengan American Chamber Indonesia (AmCham) dan United States Chamber of Commerce menyelenggarakan workshop mengenai perkembangan dari Undang-undang (UU) Paten di Indonesia pada Selasa (21/02) di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta.

Acara ini dibuka oleh Salmon Pardede selaku Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa DJKI yang mewakili Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Aidir Amin Daud, hadir pula Direktur Kerja Sama KI Dede Mia Yusanti dan perwakilan dari Direktorat Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, Baby Mariaty Kepala seksi Pertimbangan Hukum dan Litigasi serta Arif Syamsudin Kepala Sub Dit Permohonan dan Publikasi.

Diselenggarakannya workshop ini bertujuan untuk mengetahui  informasi mengenai perkembangan dari UU Paten dan hal yang berkaitan dengan Kekayaan Intelektual di Negara Indonesia dan Amerika, selain itu pertemuan ini sebagai ajang diskusi dengan lintas Kementerian yang berterkaitan dengan UU Paten. Adapun peserta yang hadir pada acara ini adalah perwakilan dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian. Sementara yang hadir dari luar Kementerian diantaranya Perwakilan dari Qualcomm International, PT Pfizer Indonesia, IBM, Bower Gruop Asia. (Humas, Februari 2017)

 

021-29027417

humas.hki@dgip.go.id

Alamat

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Kuningan - Jakarta Selatan
Kuningan- Jakarta Selatan, Indonesia
12940
12940

Jam Kerja

Senin - Jum'at
Senin - Jumat
07:30 - 16:00 WIB
07:30 - 16:00 WIB
Loket
Loket Layanan Kekayaan Intelektual