Jakarta (29/08/2016), Kerja sama Indonesia dengan Uni Eropa melalui kerangka Trade Cooperation Facility (TCF) menyelenggarakan seminar “Masa Depan Indikasi Geografis di Indonesia” serta dilakukan penyerahan sertifikat pendaftaran Indikasi Geografis (IG) di Indonesia untuk produk “Tequila” dari Meksiko, “Grana Padano” dari Italia, dan “Tunun Gringsing” dari Bali oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Ahmad M. Ramli dalam laporannya menyatakan: “Melalui kerangka kerja sama TCF ini, untuk bidang Indikasi Geografis, Indonesia mendapat bantuan berupa kegiatan-kegiatan seperti konsultasi teknis, pelatihan, seminar dan kunjungan studi ke negara-negara di Eropa seperti Perancis yang telah berpengalaman dalam menerapkan sistem Indikasi Geografis”.

Acara seminar ini di buka secara resmi oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly, dan dihadiri Kepala Delegasi Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam dan ASEAN, Vincent Guerend, dan Duta Besar Italia, Vittorio Sandalli, serta Kepala Bagian Ekonomi dan Komersial Kedutaan Meksiko untuk Indonesia, Jorge Rascon.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa potensi produk IG ini didasarkan pada potensi geografis wilayah tertentu dan berpotensi sebagai produk ekspor, sehingga berpotensi menjadi sumber devisa Negara. Potensi IG menjadi anugerah bagi bangsa Indonesia untuk pertumbuhan ekonomi serta dapat digunakan sebagai asset perdagangan.

Duta Besar Uni Eropa, Vincent Guerend menjelaskan bahwa kerja sama ini akan memungkinkan pendaftaran indikasi geografis dapat diterapkan secara timbal balik.”Kami akan membawa IG yang sudah direkognisi dari Indonesia ke Uni Eropa dan produk dari Uni Eropa ke Indonesia,” tambahnya. (Humas, Agustus 2016)

 

021-29027417

humas.hki@gmail.com

Alamat

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Kuningan - Jakarta Selatan
Kuningan- Jakarta Selatan, Indonesia
12940
12940

Jam Kerja

Senin - Jum'at
Senin - Jumat
07:30 - 16:00 WIB
07:30 - 16:00 WIB
Loket
Loket Layanan Kekayaan Intelektual