Pertemuan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) kembali digelar dan berlangsung dari tanggal 21 Februari hingga 3 Maret 2017. Pada putaran RCEP ke-17 ini, negara Jepang, tepatnya kota Kobe, menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan acara perundingan internasional tersebut yang melibatkan sepuluh negara anggota ASEAN dan enam negara mitra ASEAN pada perjanjian perdagangan bebas (AFPs) (India, Republik Korea, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, Australia dan Selandia Baru). RCEP memiliki enam working group yang menangani bidang berikut: Trade in Goods, Trade in Services, Investment, Intellectual Property, Legal and Institutional Issues, dan Electronic Commerce. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dan Kementerian Luar Negeri menjadi Delegasi Republik Indonesia (DELRI) dalam Pertemuan RCEP ke-17 tersebut untuk Working Group Intellectual Property (WGIP).

Pertemuan khusus untuk WGIP ini sudah masuk pada putaran ke-13, yang diawali dengan agenda Pertemuan ASEAN Caucus yang dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Febuari 2017 dalam rangka menentukan posisi negara-negara anggota ASEAN dalam perundingan sebelum menghadapi WGIP Plenary Meeting dengan negara-negara mitra ASEAN (AFP). Selanjutnya, WGIP Plenary Meeting diselenggarakan pada tanggal 27 Februari hingga 3 Maret 2017. Delegasi dari Singapura, Mr Derek Lo, memimpin jalannya negosiasi, baik untuk Pertemuan ASEAN Caucus, maupun WGIP Plenary Meeting. Agenda dalam Pertemuan WGIP ke-13 ini kembali membahas Single Working Document RCEP on IP Chapter dan melanjutkan diskusi pada bidang Enforcement, Technological Protection Measures (TPM), Rights Management Information (RMI), Patent Term Restoration, dan Data Exclusivity, dengan menggunakan pendekatan non-paper serta isu-isu lainnya. Dalam pertemuan ini telah disepakati dua usulan teks mengenai tujuan dan peningkatan prosedur administrasi Kekayaan Intelektual, dan menyisakan outstanding issues yang masih harus diselesaikan.

Pertemuan RCEP selanjutnya akan diadakan pada tanggal 8 hingga 12 Mei 2017 di Filipina dengan agenda WGIP antara lain Presentasi Republik Korea tentang Patent Term Restoration (PTR), usulan Australia untuk amandemen teks Genetic Resources and Traditional Knowledge (GRTK), Perjanjian TRIPS dan Public Health serta isu-isu yang termasuk kategori 1 (yang bersifat teknis).

       

021-29027417

humas.hki@gmail.com

Alamat

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 8-9
Kuningan - Jakarta Selatan
Kuningan- Jakarta Selatan, Indonesia
12940
12940

Jam Kerja

Senin - Jum'at
Senin - Jumat
07:30 - 16:00 WIB
07:30 - 16:00 WIB
Loket
Loket Layanan Kekayaan Intelektual